Batuk adalah suatu refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak, dan benda asing dari saluran pernafasan, sedangkan pilek adalah suatu gejala adanya cairan encer atau kental dari hidung yang disebut ingus.
Influenza (flu) adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise) dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernafasan.
Pilek bisa juga karena alergi. Antihistamin (AH1) berfungsi untuk pengobatan simtomatik berbagai penyakit alergi dan mencegah atau mengobati mabuk perjalanan. Penyakit alergi tipe eksudatif akut dapat diobati oleh AH1 tetapi efeknya hanya membatasi dan menghambat efek histamin yang dilepaskan pada saat reaksi antigen-antibodi terjadi.

Cara Mengobati Batuk Pilek

  • Banyak mengkonsumsi bnayk cairan untuk mencairkan ledir yang ada di tenggorokan.
  • Istirahat yang cukup.
  • Mengkonsumsi obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita.Jauhkan obat-obatan yang berguna untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti:batuk,pilek,hidung tersumbat,dan demam dalam satu obat,kecuali memang semua gejala itu memang anda derita.
  • Mengkonsumsi obat yang berguna untuk mencairkan dahak.Jauhkan obat batuk yang berguna menekan batuk karena dapat menghambat lender yang akan keluar.
  • Hindari mengkonsumsi obat bebas untuk anak dibawah usia 2 tahun.
  • Berkonsultasi dengan dokter apabila dalam waktu 2 hari setelah mengkonsumsi obat di luar resep dokter tidak ada perubahan.
batuk dan pilek
batuk dan pilek

Apa Penyebab Batuk Pilek ?

Batuk Pilek pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan dan saluran sinus. Setiap udara yang hita hirup itu banyak mengandung banyak virus yang sangat berbahaya yang dilindungi oleh saluran pernapasan sebelum masuk kedalam tubuh manusia. Salah satu benuk perlindungan tubuh yang paling utama adalah hidung. Hidung bisa di andalkan untuk menangkap dan menstabilkan pathogen. Pada sistem penghangat bagian terpusat minimnya udara segar. Membran lender salah satu hidung dan sinus akan meradang /membesar dan dapat tersumbat oleh lendir yang kental. Apabila sistem pernapasan tidak bisa mengatasi pathogen secara efektif, pathogen akan masuk kedalam tubuh dan dapat merusak sel, sehingga dapat menyebabkan peradangan dan berbagai gejala batuk pilek.
Pada umumnya hal yang dapat menyebabkan batuk pilek biasanya disertai demam atau flu. Penyakit batuk tanpa pilek biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itu tidak diperlukan untuk mengkonsumsi antibiotik. Batuk yang disebabkan oleh virus bisa berlangsung kurang lebih sekitar 2 minggu.

Tanda –Tanda Batuk Pilek

Berikut ini adalah tanda – tanda orang yang terserang penyakit batuk pilek,sbb:
1. Bersin – Bersin
2. Mata berair
3. Sakit tenggorokan karena membrane lendir yang meradang
4. Menggigil
Meningkatnya suhu badan saat berusaha membunuh kuman yang masuk. Tanda – tanda yg bisa diketahui meningkatnya suhu badan adalah rasa sakit pada persendian dan rasa lesu. Tanda ini datang karena tersebarnya virus yang luar lokasi utama infeksi(didalam hidung dan tenggorokan), melalui aliran darah denqan organ tubuh lainnya.

Cara Mencegah dari batuk Pilek

Berikut ini adalah cara untuk mencegah dari penyakit batuk pilek:
* Olahraga secara teratur.
* Istirahat dan tidur yang cukup.
* Mejaga pola makan yang seimbang
* Hindari stress
* Hindari merokok/asap rokok.
* Banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
* Banyak mengkonsumsi air putih dan Jus buah agar terhindar dari dehidrasi dan dapat mencegah lapisan didalam tenggorokan supaya tidal kering,serta dahak menjadi cair dan gampang untuk dikeluarkan.
* Hindari minuman yang bersoda dapat memperparah dehidrasi
* Hindari minuman yang mengandung alcohol.
* Mandi dengan menggunakan air hangat karena bisa meningkatkan kadar kelembapan udara dan dapat meredakan batuk yang tidak berdahak.
Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa hampir semua masalah pernapasan di akibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Minimnya udara segar dan olahraga, pernapasan yang pendek, sikap tubuh yang tidak stabil, merokok dan polusi udara bisa membebani paru-paru.Dan mengkonsumsi banyak produk susu, gula, dan karbohidrat yang berbentuk olahan bisa membebani tubuh karena dapat melemahkan stamina dan meningkatnya produksi lendir. Kesehatan yang baik adalah kesehatan yang dapat menghubungkan pola hidup yang teratur. Dan apabila salah satu sapek kehidupan tidak teratur dapat menyebabkan semakn lemahnya stamina tubuh.

Pengobatan Batuk Pilek Dengan Cara Alami

Apabila kita sudah terkena gejala batuk pilek, berikut ini adalah pengobatan alami untuk meredakan dan membantu untuk meringankan rasa sakit :
  1. Memastikan tubuh anda mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup,agar terlepas sebentar dari aktivitas sehari-hari dan diusahakan agar tidak stress. Tubuh perlu istirahat agar bisa melawan penyakit.
  2. Banyak mengkonsumsi cairan,seperti air putih dan jus buah.
  3. Mengkonsumsi sayuran yang hangat dengan bumbu bawang putihakan sangat membantu. Karena bawang putih banyak mengandung bahan kimia yang berguna untuk antimikroba, antivirus dan antiprotozoa.
  4. Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang tepat, meskipun tidak dapat mengobati, tetapi paling tidak bisa meredakan penyakit atau mempersingkat selang waktu terjadinya gejala.
  5. Minyak Esensial yang mempunyai eucalyptus dan mentol sudah lama dipakai untuk mengobati batuk pilek dan flu. Menthol banyak ada pada minyak peppermint dan eucalyptus ada pada minyak eucalyptus.
  6. Untuk mengobati batuk,buat ramuan yang terdiri dari madu dan jeruk nipis. Jika sudah cukup parah buat ramuan yang terbuat dari lidah buaya dan madu.