Selasa, 17 April 2012

cara menurunkan kolesterol Apakah anda adalah seorang yang memiliki kolesterol tinggi dan ingin tahu bagaimana cara menurunkan kolesterol ? tahukah anda penyumbatan arteri ini meningkat seiring dengan meningkatnya usia seseorang , lalu bagaimanakah cara menurunkan kolesterol pertama anda harus check-up ke dokter anda, lebih baik mencegah daripada mengobati. berikut beberapa saran agar mencapai tujuan anda dalam penurunan kadar kolesterol tubuh :
1. Berapa tujuan LDL yang perlu anda capai
target kolesterolTarget yang harus anda capai harus ditentukan dari awal , berapa LDL (low-density lipoprotein) anda saat ini dan berapa yang harus anda capai, untuk hal ini coba konsultasikan dengan dokter. untuk menurunkan kolesterol bisa dengan cara mengubah gaya hidup keseharian atau juga bisa dengan terapi obat-obatan. ada beberapa faktor yang harus di tinjau seperti kemungkinan timbulnya penyakit jantung , coba periksa apakah orang tua atau kakek-nenek anda memiliki history penyakit jantung. Faktor yang lain seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan merokok.
Jika risiko Anda dianggap tinggi, “kebanyakan dokter akan memperlakukan untuk sasaran LDL kurang dari 70,” kata James Beckerman, MD, seorang ahli jantung praktik pribadi di Portland, Oregon. Target LDL di bawah 130 umumnya bagus, Beckerman mengatakan. Jika risiko rendah, kurang dari 160 merupakan target yang masuk akal. “Tren sekarang adalah untuk memeriksa pasien terlebih dahulu, terutama jika mereka memiliki dua atau lebih faktor risiko,” katanya.
2. Mempertimbangkan obat-obatan
obat obatanMengganti gaya hidup masuk akal bagi siapa pun yang kolesterolnya terus meningkat . Tetapi jika risiko jantung Anda tinggi, Anda mungkin juga perlu obat penurun kolesterol. Michael Richman, MD, Direktur medis dari pusat manajemen kolesterol di Los Angeles, terapi obat “satu-satunya hal yang akan bekerja dengan cepat” untuk menurunkan kolesterol tinggi. “Semua orang harus melakukan dasar-dasar, seperti berhenti merokok dan juga menurunkan berat badan” .Modifikasi gaya hidup itu penting, tetapi kita harus juga menekankan manfaat dari obat-obatan pada saat tertentu.
Beberapa jenis obat penurun kolesterol tersedia, termasuk niasin, asam empedu resin, dan fibrates. Tetapi statin menjadi pilihan untuk sebagian besar orang. “Statin dapat menurunkan kolesterol LDL oleh 20% sampai 50 %”
3. Seringlah bergerak
Aktivitas fisik dalam skala teratur dapat membantu mengurangi kolestrol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sampai 10% ,olahraga ringan yang disarankan adalah berjalan cepat.Ada beberapa dokter di amerika yang memaksa pasiennya untuk berjalan cepat selama 45 menit setelah makan malam. Apapun aktivitasnya ada baiknya anda lakukan secara teratus baik seminggu 7 kali ataupun efektifnya 5 kali seminggu.
4. Hindari lemak jenuh
Beberapa ahli mengatakan kunci dari menurunkan kolesterol adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh , sperti telur goreng dimana minyak ataupun mentega memiliki kadar lemak jenuh. ada baiknya menggantinya dengan makanan yang di rebus ( memasaknya tanpa minyak ).
5. Banyak makan serat
Buah-buahan , sayuran dan juga biji-bijian tidak hanya bagus bagi pengidap penyakit jantung tetapi juga membantu anda dalam menurunkan kolesterol , di dalam tubuh mereka akan bertindak seperti spons yang menyerap kolesterol lalu membuangnya melalui saluran pencernaan. beberapa sumber makanan lain yang bagus mengandung serat larut seperti kacang kering, gandum, jelai, serta produk serat yang mengandung psyllium.
6. Makan ikan
Studi yang dilakukan ternyata ikan dan minyak ikan membantu dalam penurunan kadar kolesterol tubuh, ada ahli yang menyarankan makan ikan salmon 2-3 kali seminggu karena mengandung banyak omega 3 , bahkan ikan tuna kaleng pun memiliki omega 3 yang mudah di dapat di supermarket. sumber omega 3 lainya dapat di temukan di kedelai, canola, flaxseeds dan kenari walaupun jumlah kadarnya lebih sedikit daripada ikan.
7. Teh hijau
Minum teh hijau sebagai pengganti soda dan minumar bergula lainnya , riset pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Dalam sebuah studi skala kecil yang dilakukan baru-baru ini di Brasil, orang-orang yang mengkonsumsi kapsul ekstrak teh hijau mengalami 4,5% pengurangan kolesterol LDL.

1 komentar:

  1. Tilt, Throwing, and raft titanium
    Tilt, Throwing, and raft titanium westcott titanium scissors for ceramic vs titanium flat iron sale. Collectable in beautiful titanium wedding bands for men new & used condition. Tested and works men\'s titanium wedding bands great.$28.99 medical grade titanium earrings · ‎In stock

    BalasHapus